Selasa, 04 November 2014

Kekuatan Otak Depan

Salah satu fungsi otak depan yang paling penting adalah kemauan. Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa apa yang kita sebut "kuasa kemauan" berada di otak depan. Dr. Bernell Baldwin, PhD, ahli neurofisiologi di Institut Georgia Wildwood menyimpulkan beberapa wacana penting mengenai kemauan.
Yang erat berkaitan dengan kuasa kemauan adalah kemampuan kita melihat dengan tajam masalah sesungguhnya. Jika kita tidak melihat persoalannya dengan jelas, kemungkinan kita tidak akan mengetahui bahwa kita perlu mengerahkan kuasa kemauan untuk menghadapi tantangan.
Untuk mengilustrasikan maksud ini, Dr. Baldwin mengutip riset ilmuwan Rusia, A.R. Luria. Luria mendapati bahwa individu dengan otak depan yang normal mempunyai kesanggupan menarik kesimpulan yang cepat tentang makna gambar yang dirancang dengan seksama.
Individu dengan gangguan otak depan bisa secara akurat menggambarkan komponen dari gambar-namun cenderung tidak melihat "gambar besarnya"- makna lebih luas di balik detailnya. Ini sangat relevan dalam bidang perubahan gaya hidup. Kurangnya pandangan ke depan membuat kita mengabaikan konsep gaya hidup kunci berlaku dalam hidup kita sendiri. di sisi lain, lemahnya kuasa kemauan, membawa kita pada kegagalan bahkan di bidang di mana kita dengan jelas mengetahui bahwa kita mempunyai masalah. Pendeknya, fungsi kembar otak depan yakni pengertian dan kemauan sangat diperlukan penerapan yang baik.
Ada sebuah alasan kontemporer yang menentukan mengapa perhatian terhadap otak depan itu begitu penting. Saat ini penyuluhan psikologi dan terapi tingkah laku populer, dan terkadang bermanfaat. Akan tetapi, beberapa dokter kesehatan melupakan fakta bahwa kebiasaan gaya hidup saat itu mungkin merupakan faktor penting pada penyakit psokologi.
Jika mereka yang merasa adanya kebutuhan terhadap penyuluhan semacam itu akan menjalani gaya hidup yang benar-benar menyehatkan dengan memberi perhatian besar pada apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh dan membuka pikiran mereka, banyak yang akan mengalami keberadaan yagn lebih menyenangkan dan lebih memuaskan.
Sumber: RTK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar